Saturday, November 12, 2011

dialog singkat tentang syurga di saat hujan deras mengguyur kota Bengkulu 12 Nov 2011

Bengkulu, 12 November 2011

 

PERMINTAAN PERTAMA KETIKA DI SYURGA

 

Cukup bingung ketika menerima pertanyaan gadis kecilku kali ini. "kata ustadz, di syurga semuanya pakai bahasa Arab, bun... apa bener???" dia mulai mengkonfrontir guru bahasa arabnya di sekolah dengan diriku, orang tuanya..."hmmm... " aku mengulur-ulur waktu, mencari jawaban yang tepat...mungkin karena kurangnya pengetahuanku, aku merasa tidak pernah mendengar dalil yang menyebutkan hal itu. Tetapi sebagai orang tua,  aku berusaha bijak untuk memahami itikad guru bahasa Arabnya, biar murid-muridnya bersemangat mempelajari bahasa Arab.

Sebelum sempat memberikan jawaban yang pas, "Bunda, kata bunda kan, apa yang diminta penghuni syurga nanti, pasti akan dikabulkan Allah, betul kan bunda?" kali ini pertanyaan yang mudah untuk dijawab. "He-eh..." senyumku sambil melanjutkan mencuci piring.

"Tapi gimana bisa mau minta ini itu, kalo gak bisa bahasa Arab?" Abangnya ikut nimbrung dalam percakapan.

"iya, ya... atau gini aja, Bang... pertama-tama, kalo sudah masuk syurga, kita minta dulu pada Allah, agar bisa bahasa Arab..."

"dan kita cukup menghapalkan kalimat YA ALLAH, MUDAHKANLAH KAMI BERBAHASA ARAB...dalam bahasa Arab tentunya..." berbinar-binar mata mereka menemukan solusi jitu tentang masa depan mereka...

Cukup dengan menggeleng-gelengkan kepala kusembunyikan senyum lebarku mendengar pembicaraan mereka...

Ternyata gak perlu bingung-bingung mencari dalil nash atau fiqh yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan malaikat-malaikat kecilku....

2 comments:

  1. tq sharingnya... siap2 menjawab pertanyaan bang Bo bebrapa waktu lagi.... salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pertanyaannya bang bo sih itu urusan nyak and babenya... and kita tunggu juga publishnya....

      Delete